Friday, August 30, 2013

Struktur Penulisan Skripsi Lengkap

STRUKTUR PENULISAN SKRIPSI LENGKAP

Struktur Penulisan Skripsi Lengkap

Struktur Penulisan skripsi dapat di kelompokkan menjadi 3 (tiga) bagian yakni isi bagian, awal, isi bagian inti dan isi bagian akhir. Adapun struktur penulisan skripsi lengkapnya sebagai berikut :

1. Isi Bagian Awal

Isi bagian awal penulisan skripsi terdiri atas : Halaman Sampul, Halaman Judul, Halaman Persetujuan, Halaman Pernyataan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran.


a) Halaman Sampul

Halaman sampul berisi: Judul secara lengkap, kata skripsi, nama dan nomor pokok mahasiswa (NPM), dan diikuti dengan nama lengkap Perguruan Tinggi, Jurusan, Dan waktu (tahun) lulus ujian.

b) Halaman Persetujuan Pembimbing

Halaman persetujuan pembimbing adalah Halaman persetujuanyang memuat persetujuan dari pembimbing I dan Pembimbing II

c) Halaman Pernyataan

Halaman pernyataan adalah halaman yang memuat tentang pernyataan mahasiswa bahwa penelitian yang dilakukan adalah benar benar asli, bukan dari hasil ciplakan

Struktur-Penulisan-Skripsi-Lengkap

d) Abstrak

Abstrak harus ditulis dalam bahasa indonesia. Dalam teks abstrak disajikan secara padat inti sari skripsi, yang mencakup: nama mahasiswa, tahun, judul skripsi dan nama pembimbing tanpa gelar. Latar belakang tujuan penelitian, permasalahan penelitian, metode penelitian, peralatan analisis, hasil-hasil yang diperoleh, kesimpulan, dan saran yang diajukan.

e) Kata Pengantar

Dalam kata pengantar dicantumkan ucapan terima kasih penulis yang ditujukan kepada orang-orang, lembaga, organisasi, atau pihak-pihak lain yang telah membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan penulisan skripsi.

g) Daftar Isi

Didalam halaman daftar isi dimuat judul bab dan judul sub bab yang disertai dengan nomor halaman tempat pemuatannya didalam teks.

h) Daftar Tabel

Halaman daftar tabel memuat nomor tabel, judul tabel, serta nomor halaman untuk setiap tabel. Judul tabel harus sama dengan judul tabel yang terdapat didalam teks

i) Daftar Gambar

Pada halaman daftar gambar dicantumkan nomor gambar, judul gambar, dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks. Judul gambar yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal.

j) Daftar Skema

Pada halaman daftar skema dicantumkan nomor skema, judul skema, dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks. Judul skema yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal.

k) Daftar Lampiran

Daftar lampiran memuat nomor lampiran, judul lampiran, serta halaman tempat lampiran itu berada. Judul lampiran yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal.

2. Isi Bagian Inti

Bagian inti dari skripsi terdiri dari lima bab, yaitu pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Hasil Penelitian, dan Pembahasan, dan Kesimpulan dan Saran. Jumlah halaman bagian inti minimal 50 ( lima puluh ) halaman. Rincian isi dari masing-masing bab diuraikan pada pembahasan berikut.

a) Bab 1 Pendahuluan (5-10%)

Pendahuluan adalah bab pertama dari skripsi yang mengantarkan pembaca untuk dapat menjawab pertanyaan apa yang diteliti, untuk apa dan mengapa penelitian itu dilakukan. Oleh karena itu, bab pendahuluan ini pada dasarnya memuat (1) Latar belakang Masalah, (2) Rumusan Masalah, (3) Tujuan Penelitian, (4) Manfaat Penelitian, (5) Ruang Lingkup Penelitian.

b) Bab II Tinjauan Pustaka (15-20%)

Sebelum mengajukan hipotesis, peneliti wajib mengkaji teori dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Bagian tinjauan pustaka berisi : (1) Landasan Teoritik ; (2) Hasil-hasil penelitian sebelumnya ; (3) Kerangka pemikiran ; (4) Hipotesis Penelitian.

(c) Bab III Metode Penelitian (15 – 20%)

Pokok-pokok bahasan yang terdapat dalam bab metode penelitian paling tidak mencakup ; (1) Obyek Penelitian, (2) populasi dan sampel, (3) Instrumen Penelitian/Alat Pengumpulan Data, (4) Prosedur Pengumpulan Data, dan (5) Analisis Data, (6) Definisi Operasional Variabel.

(d) Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan ( 40 – 55% )

Dalam penelitian yang menguji hipotesis, laporan mengenai hasil-hasil yang diperoleh sebaiknya dibagi dalam tiga bagian besar. Bagian pertama : Gambaran Umum ( maksimal 5 halaman ); bagian kedua berisi uraian tentang deskripsi data; bagian ketiga memuat uraian tentang hasil pengujian hipotesis; bagian keempat berisi pembahasan hasil.
(1) Gambaran Umum (5%)
(2) Deskripsi variabel
(3) Pengujian Hipotesis
(4) Pembahasan

e) Bab V Kesimpulan dan Saran-Saran (5 – 10%)

Pada bagian bab ini dimuat dua hal pokok, yaitu kesimpulan dan saran-saran :
(a) Kesimpulan
(b) Saran-saran

3. Isi Bagian Akhir

Hal-hal yang perlu dimasukkan kedalam bagian ini adalah yang mendukung atau terkait erat dengan uraian yang terdapat pada bagian inti. Isi pada bagian akhir adalah
(a) Daftar Pustaka;
(b) Lampiran – Lampiran.
Baca: Struktur Penulisan Tesis Lengkap
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner