Saturday, March 17, 2018

Rumusan Masalah vs Pertanyaan Penelitian

Rumusan Masalah vs Pertanyaan Penelitian

1. Rumusan Masalah


B

eberapa kasus mahasiswa ketika menulis skripsi penelitian masih ditemukan dalam membuat rumusan masalah seperti pertanyaan penelitian. Isi dari rumusan Masalah penelitian berbeda dengan pertanyaan penelitian. Rumusan masalah merupakan penyebab sesorang melakukan penelitian. "Misalnya sebuah perusahaan yang selalu memberikan kualitas layanan yang baik kepada pelanggannya, namun demikian pelanggan tidak puas dan tetap berpindah ketempat lain ketika akan melakukan pembelian ulang". Kejanggalan atas contoh diatas menimbulkan masalah.


Rumusan masalah berdasarkan permisalan diatas bahwa ketika kualitas layanan sebuah perusahaan baik maka pelanggan akan puas dan bersedia melakukan pembelian ulang, tapi berbeda dengan fakta.

Rumusan-Masalah-vs-Pertanyaan-penelitian

2. Pertanyaan Penelitian


Pertanyaan penelitian adalah manifestasi atau bentuk penegasan masalah yang selanjutnya akan dicari jawabawnnya yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau kalimat tanya.


Contoh pertanyaan penelitian

a. Apakah kualitas layanan berdampak terhadap kepuasan pelanggan ?
b. Apakah kualitas layanan berdampak terhadap pembelian ulang ?

3. Rumusan dan Pertanyaan


Berdasarkan uraian sebelumnya bahwa antara rumusan dan pertanyaan penelitian kurang tepat jika dalam penelitian menyamakan antara rumusan masalah dan pertanyaan penelitian. Selanjutnya contoh rumusan masalah dan pertanyaan penelitian berdasarkan kajian empiris. Para peneliti biasanya menyarankan untuk mencantumkan gap empiris pada riset yang dilakukan. "Misalnya Supriaddin (2016), mengungkap bahwa kualitas layanan berdampak terhadap pembelian ulang Razak (2017) mengungkap bahwa kualitas layanan tidak membuat seseorang melakukan pembelian ulang" dari contoh tersebut kita bisa merumuskan menjadi sebuah rumusan masalah karena adanya perbedaan pendapat dari kajian empiris sehingga diperlukan penelitian lanjutan

Berdasarkan inkonsistensi hasil penelitian, maka yang menjadi pertanyaan penelitian dari permisalan diatas ditegaskan pada contoh berikut.

Contoh pertanyaan penelitian


a. Apakah kualitas layanan bepengaruh terhadap kepuasan ?
b. Apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap pembelian ulang ?
Silahkan mengkaji ulang topik antara rumusan masalah dan pertanyaan penelitian semoga bermanfaat terutama bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner