Saturday, March 3, 2018

Pengujian Variabel Mediasi dengan Sobel Tes Online

PENGUJIAN VARIABEL MEDIASI DENGAN SOBEL TES ONLINE

Efek dan Ilustrasi Variabel Mediasi


1. Efek Variabel Mediasi


V ariabel dapat dikatakan sebagai variabel mediasi (M) apabila mempengaruhi antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y1). Secara umum, mediasi (M) dapat dikatakan terjadi ketika : (1) X secara signifikan mempengaruhi variabel mediasi (M). (2) Variabel X1 secara signifikan mempengaruhi Y tanpa mediasi, (3) mediasi (M) memiliki efek unik yang signifikan pada Y1, dan (4) efek X1 terhadap Y1 menyusut/menurun setelah penambahan mediasi (M) ke model. Kriteria ini dapat digunakan untuk menilai apakah mediasi dilakukan secara tidak sah, namun MacKinnon & Dwyer (1993) dan MacKinnon, Warsi, & Dwyer (1995) telah mempopulerkan metode berbasis statistik dimana mediasi dapat dinilai secara formal.

2. Ilustrasi Variabel Mediasi


Gambar dibawah ini adalah ilustrasi koefisen jalur a, b, dan c. nilai Nilai dalam tanda kurung (sa) adalah standar error a dan (sb) adalah nilai tandar error b koefisien jalur tersebut. Jadi nilai angka yang dibutuhkan dari hasil analisis adalah
a = koefisien regresi (unstandardized) untuk hubungan antara X dan M sa = standar error a. b = koefisien regresi (unstandardized) untuk hubungan antara M dan Y (bila X juga merupakan prediktor Y). sb = kesalahan standar b. Untuk mendapatkan (Nilai a,sa dan b,sb) dengan Regresi SPSS 1. Jalankan analisis regresi dengan X memprediksi M. Ini akan memberi nilai a dan sa. 2. Jalankan analisis regresi dengan X dan M yang memprediksi Y. Ini akan memberi b dan sb. Perhatikan bahwa sa dan sb tidak boleh negatif. Sedangkan untuk mendapatkan nilai s,sa dan nila s,sb dari Partial Least Square (PLS) Buka Output PLS Hasil Inner Model seperti berikut :
Jika kesulitan memahami output PLS lihat artikel dan video Menampilkan Output Inner Model

3. Uji Sobel Online


Pengujian sobel onine dapat ditemukan di Baron dan Kenny (1986), Sobel (1982), Goodman (1960), dan MacKinnon, Warsi, dan Dwyer (1995). Masukkan nilai nilai a, b, sa, dan sb ke dalam sel di bawah dan klik CALCULATE. Program ini akan menghitung rasio kritis sebagai tes apakah efek tidak langsung dari X terhadap Y melalui M berbeda secara signifikan dari nol/Jika nilai (p-value lebih besar dari 0,05 maka M merupakan mediasi.
Kita harus memahami bahwa ada tiga versi utama dari "tes Sobel", “tes Aroian: dan Goodman tes, peneliti yang menggunakan uji mediasi ini ditekankan untuk berkonsultasi dengan MacKinnon, Lockwood, Hoffman, West, dan Sheets (2002), serta sumber yang dikutip di dalamnya, sebelum mencoba menafsirkan hasil dari semua tes ini. Namun disarankan Baron dan Kenny (1986) untuk menggunakan nilai Aroian dari sobel test karena tidak membuat asumsi yang tidak perlu bahwa produk sa dan sb sangat kecil Rumus untuk tes yang diberikan di sini diambil dari MacKinnon dan Dwyer (1994) dan dari MacKinnon, Warsi, & Dwyer (1995):

Persamaan Uji Mediasi


1. Persamaan uji Sobel

z-value = a * b / SQRT (b2 * sa2 + a2 * sb2)

2. Persamaan uji aroian

z-value = a * b / SQRT (b2 * sa2 + a2 * sb2 + sa2 * sb2)

3. Persamaan uji Goodman


z-value = a * b / SQRT (b2 * sa2 + a2 * sb2 - sa2 * sb2) Tes Sobel dan tes Aroian tampaknya berkinerja terbaik dalam studi Monte Carlo (MacKinnon, Warsi, & Dwyer, 1995), dan dan sangat cocok dengan ukuran sampel yang lebih besar dari 50 atau lebih.
LINK untuk melakukan pengujian sobel test : http://quantpsy.org/sobel/sobel.htm
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner