Tuesday, January 9, 2018

Cara Menentukan Jenis Moderasi Dalam Penelitian

Cara Menentukan Jenis Moderasi Dalam Penelitian

Peran Moderasi


B erikut akan saya jelaskan bagaimana menentukan efek moderasi setelah dilakukan pengolahan data dengan PLS (Partial Least Square) atau dengan aplikasi statistik lainnya dan saya akan mengangkat contoh dalam penelitian saya yang dapat anda peroleh buku/penelitian lengkapnya pada link bagian akhir artikel ini. Variabel demografi disini merupakan faktor yang memperkuat atau memperlemah pengaruh kepuasan, kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas.. Variabel moderasi dapat dikatahui dari pengaruh interaksi dua arah antara variabel independen dengan variabel moderasi dalam memprediksi variabel dependen. Contoh model persamaan hubungan dalam analisis regresi moderasi adalah sebagai berikut :

Ýi = b0 + b1 X1 + b2 M1 + b3 X1* Mi ......................Solimun, (2011)

Variabel moderasi dapat diklasifikasikan menjadi 4 (empat) jenis yaitu moderasi murni (pure moderasi), moderasi semu (quasi moderasi), moderasi potensial (homoligiser moderasi), dan moderasi sebagai prediktor (predictor moderation). Adapun identifikasi permodelan hubungan kepuasan terhadap loyalitas yang dimoderasi demografi ditunjukkan pada gambar 4.2.

Gambar 4.2. : Contoh klasifikasi tipe peran moderasi



Sumber : Solimun, (2011) Berdasarkan gambar 4.2. mengambarkan klasifikasi jenis moderasi dalam penelitian ini. Selanjutnya pengklasifikasian peran demografi pada pengaruh variabel kepuasan terhadap loyalitas ditentukan sesuai langkah 1 – 4 diatas, dan dalam pengolahannya diolah secara simultan.

Jenis Moderasi


    Berikut adalah jenis moderasi berdasarkan kasus gambar 4.2

  • Jika nilai koefisien pengaruh (b2) tidak signifikan, dan variabel interaksi (b3) signifikan, maka tipe moderasi diklasifikasikan sebagai moderasi murni (pure moderasi.)

  • Jika nilai koefisien pengaruh antara (b2) signifikan, dan variabel interaksi (b3) signifikan, maka tipe moderasi diklasifikasikan sebagai moderasi semu (quasi moderasi.)

  • Jika nilai koefisien pengaruh antara (b2) tidak signifikan, dan variabel interaksi (b3) tidak signifikan, maka tipe moderasi diklasifikasikan sebagai moderasi potensial (homologiser moderasi.)

  • Jika nilai koefisien pengaruh antara (b2) signifikan, dan variabel interaksi (b3) tidak signifikan, maka tipe moderasi diklasifikasikan sebagai prediktor moderasi (predictor moderasi.)

Download Disini Contoh Penggunaanya
Baca : Artikel lainnya Pengujian Variabel Mediasi
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner